Ana Uhibbuka

Malam ini ada teman yang sangat baik  bercerita, panjang dan sedih. Aku menyayangi teman ini, sebab kebaikan hatinya dan sungguh karena Allah. Dia ini mengingatkan ku pada teman yang lain di kota tempat kutinggal.

Tingginya barangkali 150 cm juga sepertiku sebab seringkali saat bersisian aku merasa sejajar. Dia berkulit bersih dan sebenarnya agak centil. 

Suatu hari di tahun 2017 yang lalu. Sepulang dari desa binaan menuju kota Lhokseumawe. Seperti biasa aku menggocengnya dibelakang motor. Iseng, sudah lama aku penasaran lalu kutanya arti namanya, mengapa Rika Uhibbuka? Adakah kisah yang melatarinya?

Di tertawa sambil menceritakan sebuah kisah dari hadist Nabi. Berikut aku ceritakan kembali.

Ada kisah sahabat yang dicintai akan bersama didalam surga yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Dawud dari sahabat Anas bin Malik.

Ada seorang sahabat yang sedang berada di sisi Nabi shāllallahu ‘alaihi wa alihi wasallam, lalu lewatlah seseorang di hadapan mereka. Kemudian sahabat ini mengatakan: 

Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku benar-benar mencintai orang ini”. 

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun berkata kepadanya:
 Apakah engkau telah memberitahukan rasa cintamu kepadanya?
Ia berkata: 
“Belum.” 
Beliau berkata: 
Jika demikian, pergilah dan beritahukan kepadanya

Maka ia langsung menemui orang itu dan mengatakan 
Inni uhibbuka fillah” (sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah), 
lalu orang tersebut menjawab: “Ahabbakalladzi ahbabtani lahu” (Semoga Allah mencintaimu, Dzat yang telah menjadikanmu mencintai aku karena-Nya).

Sahabat itu lemudian kembali pada Rasul dan menceritakannya. Rasul mengatakan bahwa orang orang yang saling mencintai akan dipersatukan didalam syurga (wallahu alam bis shawab)

Sebenarnya aku merasa takjub, sebab soal cinta-mencinta antar manusia memang akan selalu menjadi kisah yang ajaib. Tuhan semesta alam akan mempersatukan mereka. Luar biasa!

Rika menjawabnya dalam cerita. 
"Uhibbuka bukan nama asliku na. Aku mau Allah selalu mempersatukan aku dan orang orang tersayang. Yang dicintai" 

Sekali lagi, aku terpesona pada kisah yang mengilhaminya. Aku juga ingin dipersatukan dengan orang baik sepertimu ka. Aku juga mau disatukan oleh Tuhan dengan yang kucinta sejak di dunia. Orang tua,  keluarga dan sahabat. Amiin.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Bagi Jomblo Menghadapi Weekend

Suzuya Mall Banda Aceh Terbakar

Jogja, Istimewa (Sebuah Catatan Perjalanan)