Langsung ke konten utama

Jogja, Istimewa (Sebuah Catatan Perjalanan)

Dear temans, Jogja terdengar sangat familiar kan? Tidak sedikit menjadikannya sebagai tujuan liburan dan bersenang-senang. Tagline nya sebagai kota istimewa cukup mencuri perhatian.
Lalu seistimewa apa sih kota yang dipimpin oleh Sultan Hamengkubuwono ini? Beberapa catatan pendek perjalanan liburan di Jogja hendak saya bagikan sebagai bahan pertimbangan jika temans sekalian hendak berlibur kesana.



  • Malioboro
Rasanya gak sah pergi ke Jogja kalau gak kemari. Jalan penuh sejarah ini jadi bukti kalo temans udah ke kota istimewa. So, jangan heran kalau antriannya pun panjang. Saya hampir saja mengurungkan niat berfoto disana. Bukan apa-apa, antriannya itu lho. Lamaaa..


[Jalan Malioboro, jalan legendaris]
  • Pasar Beringharjo
Wah.. ini sih khusus buat temans yang hobi belanja, jualan atau mau beli oleh-oleh murah dan hemat. Pasar Beringharjo jawabannya. Accesories, kain, tas kulit, thank-gift dan banyak lainnya bisa didapat. Masalahnya cuma satu aja; jam 4 sore tutup. Menjelang jam 4, petugas akan datang berkeliling mengetuk kentongan tanda waktu berniaga berakhir.
  • Merapi Tour
Buat yang suka petualang, boleh nih tour ke Merapi. Kesana kita bisa naik motor trail atau jeep yang banyak di sewakan di sepanjang jl. Kaliurang (menuju merapi). Kalo gak bisa bawa mobilnya bisa sewa guide sekalian kok.
  • Museum Merapi
Musibah meletusnya gunung Merapi memberi banyak luka dan duka bagi masyarakat Jogjakarta. Hampir setiap lima tahun sekali Gunung api aktif ini erupsi. Sangking konsistennya sampai-sampai ada yang bilang "Merapi tak pernah ingkar janji". Ini menjadi pelajaran berharga bagi wilayah bencana lainnya untuk bisa mengamati dan belajar banyak. Di Museum yang terletak di Jl. Kaliurang ini kita bisa melihat demo meletusnya gunung berapi dan sejarah erupsi.


  • Bukit Bintang
Mau melihat indahnya Jogja dari atas? berkilaunya lampu-lampu dikota dan jalan-jalan yang bercahaya penuh kendaraan melintas? Jangan lupa ke Bukit Bintang ya temans
  • Puncak Becici
Ini pucak mirip Pantan terong di Takengon. Dari atas kita berfoto indah luar biasa. Puncak becici hanya tinggal lurus ke atas dari Bukit Bintang.
  • LPTP
Oh ya, buat temans yang konsen di peternakan dan pengolahan hasil peternakan sapi dan teknologi tepat gunanya bisa main ke LPTP atau Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan. Disana kita juga bisa beli oleh-oleh susu segar dan yogurt yang enak sekali, hanya saja cuma bertahan 24 jam di suhu ruangan.

[peternakan sapi perah di LPTP]

  • Nongkrong di angkringan dan Lesehan

  • Ini nih yang bikin istimewa, makan di angkringan nikmati kopi joss dan lesehan.
That's it, kalau ke Jogja jangan lupa main-main ke tempat yang nana sebutkan diatas ya. Soal kendaraan mah gampang, ada kendaraan online kok. Grab dan Go-Jek ada dimana-mana.
Sekarang saya lagi menunggu panggilan pesawat untuk pulang ke tanoh rencong. Eh, Met Liburan semua..

Komentar

  1. apaaaaa? orang aceh review kota jogja? amazinggg kau na whehehe

    BalasHapus
  2. ada moment dimana jogja milik kita to
    uh wo wo ~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menanti Janji Senja

Maya bukan tidak biasa hidup sendirian. Dia telah melakukannya selama 13 tahun terakhir. Sejak Ayah Putri meninggal, ia tegas menolak lamaran setiap laki-laki yang hendak memperistrinya baik dalam ikatan perkawinan yang legal maupun dibawah tangan. Begitu pula tawaran beberapa sanak saudara yang bermaksud baik maupun sebaliknya, ajakan untuk tinggal bersama dan merawat Putri anaknya dengan sopan ia tolak. Dalam hari-hari yang berat itu ia telah cukup mengejutkan dirinya sendiri dan orang orang lain disekeliling yang menganggapnya akan kesulitan apalagi ia masih terlalu muda untuk hidup sendiri tanpa suami yang mengurus segala sesuatunya. 

Namun Maya ternyata bisa melewatinya dengan baik hingga hari ini. Meski berat ia telah belajar dengan keras untuk melakukan semuanya sendirian; membesarkan Putri dan kembali bersekolah, sesuatu yang sempat ia tinggalkan dulu. Tentu saja ia rindu pada Ayah Putri terutama di saat saat senja, saat dulu sekali biasanya suaminya pulang dengan sepeda motor …

Tipe-Tipe Foto Caleg yang Bisa Kamu Temukan